Posted by: adwebtracerfpik - Posted on:

LAPORAN TRACER ALUMNI JURUSAN/PROGRAM STUDI AGROBISNIS PERIKANAN

  1. Profil Program Studi

Profil lulusan Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo (PS ABP FPIK UHO), adalah  a) Pengusaha Perikanan yang mandiri (Entrepreneur), b) Fasilitator/pendamping pengembangan bisnis perikanan, c) Perumus dan penyusun program pengembangan bisnis perikanan, d) Valuator/konsultan pelaksanaan bisnis perikanan, e) Peneliti potensi dan pengembangan bisnis/dosen/tenaga pengajar. Setiap lulusan diharapkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan profil lulusan PS-ABP. Profil lulusan mengacu pada standar kompetensi lulusan minimal yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan ketrampilan khusus, kualifikasi minimal tersebut tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015. Lebih jelasnya profil Lulusan PS ABP, dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Profil Lulusan dan Deskripsinya

NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1.Pengusaha Perikanan yang mandiri (Entrepreneur)Alumni yang mampu mengaplikasikan teori agribisnis dalam dunia usaha perikanan dan menciptakan lapangan kerja yang berdaya saing sesuai perkembangan zaman dan iptek.
2Fasilitator/pendamping pengembangan bisnis perikananMenjadi fasilitator dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha perikanan dalam pengembangan bisnis perikanan
3Perumus dan penyusun program pengembangan bisnis perikananMampu merumuskan berbagai strategi dan penyusun program bagi pelaku usaha perikanan guna meningkatkan kapasitas finansia
4Valuator/konsultan pelaksanaan bisnis perikananMampu menjadi penilai dan mengevaluasi kelayakan dan manajemen usaha perikanan kelautan
NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
5Peneliti/Dosen/Tenaga PengajarMenjadi peneliti dan mengkaji potensi dan pengembangan perikanan yang berkelanjutan, menjadi tenaga pengajar/tenaga dosen

Sumber: Dokumen Kurikulum PS ABP, 2023

B. Visi Misi Program Studi

Visi PS ABP 2024 diangkat dari gabungan landasan berikut:

Visi Universitas Halu Oleo 2045

Menjadi 250 perguruan tinggi terdepan di dunia dalam IPTEKS untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan

Visi Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025

Insan Indonesia cerdas dan kompetitif berdasarkan sistem pendidikan yang berkeadilan, bermutu, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan global.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030

Menurunkan kemiskinan dan kelaparan, melaksanakan dan penyelesaian pendidikan, mendorong kesetaraan dan pemberdayaan gender, memastikan kelestarian lingkungan hidup dan mengembangkan kemitraan global.

Mengacu pada dua visi dan dua tantangan masa depan tersebut, maka visi PS ABP 2020-2024 adalah sebagai berikut.

Pada Tahun 2024 menghasilkan sarjana Agrobisnis Perikanan maju, cerdas, kompetitif dalam IPTEKS, berkarakter kewirausahaan berkelanjutan

Visi tersebut memiliki 8 (delapan) kata kunci yang dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Maju adalah kemampuan untuk mencapai nilai atau standar tertentu yang diakui dalam pelaksanaan tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Standar disesuaikan dengan standar nasional dan standar Dikti. PS ABP yang maju dapat juga dilihat/diukur dari kualitas karya ilmiah yang dihasilkan termasuk kiprah civitas akademika dalam berbagai kegiatan ilmiah dan kemasyarakatan ditingkat regional, nasional dan internasional.
  2. Cerdas meliputi cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis.
  3. Kompetitif merupakan keunggulan yang tumbuh secara fundamental dari nilai manfaat yang memungkinkan PS-ABP untuk menciptakan manfaat itu bagi para alumni dan penggunaannya yang melebihi investasi pendidikan untuk melahirkan alumni.
  4. IPTEKS merupakan sarjana dengan skill dan karakter seperti berkemampuan: digitalisasi, interaksi antara manusia dengan mesin, value edded services dan business, automatic data exchange and communication, serta menguasai teknologi dan seni informasi.
  5. Karakter merupakan sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dapat dimiliki oleh setiap alumni.
  6. Kewirausahaan merupakan kegiatan bisnis dalam mencari keuntungan optimal melalui dunia perdagangan.
  7. Perikanan dan Kelautan merupakan nilai potensi sumberdaya perikanan dan kelautan.
  8. Berkelanjutan merupakan semua usaha perorangan atau badan hukum untuk menciptakan nilai tambah ekonomi pada masa kini dan masa mendatang.

Berdasarkan visi dan makna kata kuncinya yang telah diuraikan, maka misi PS ABP dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Peningkatan manajemen pendidikan melalui standarisasi, penjaminan mutu, yang lebih terfokus guna memberikan kepastian layanan kepada stakeholders.
  2. Pengembangan pendidikan berbasis riset industri unggulan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi guna menghasilkan skill lulusan yang kompetitif dalam IPTEKS.
  3. Pengembangan penelitian yang berkualitas di bidang agrobisnis industri perikanan guna mendorong skill dan karakter Agrobisnis Perikanan mandiri dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan dan kelautan berkelanjutan.
  4. Penerapan penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat.
  5. Pengembangan kerjasama yang berkualitas dan berkelanjutan ditingkat wilayah, nasional dan internasional.

C. Target Responden

Target responden TS-4 sd TS (Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2022)

D. Instrumen Pengukuran

Instrument Tracer study ini dapat diakses di https://tracer.uho.ac.id/, sedangkan tingkat prodi dapat diakses melalui link yang disediakan oleh Fakultas  https://bit.ly/SistemMonitoringAlumni-SIMONAFPIKUHO2023  (Untuk Alumni yang tidak dapat mengakses link tracer alumni www.tracer.uho.ac.id) . Isi kuesioner tracer study mencakup seluruh pertanyaan inti tracer study DIKTI, yaitu etika, keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), kemampuan berbahasa asing, penggunaan bidang ilmu (kompetensi utama), penggunaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, kerjasama dan pengembangan diri.

E. ANALISIS DATA

Analisis data yang digunakan dalam survei ini, dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif.

F. HASIL KEGIATAN SURVEI

  1. Responden Tracer Study

Hasil tracer study terhadap Program Studi Agrobisnis Perikanan FPIK Universitas Halu Oleo sebanyak 225 responden.  Hasil ini dibagi menjadi tiga bidang yaitu sesuai bidang keilmuan, cukup sesuai bidang, dan tidak sesuai bidang. Berdasarkan hasil survei terhadap PS ABP diperoleh 100% bekerja sesuai bidang (Tabel 2). Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa profil lulusan telah sesuai dengan CPL yang direncanakan dalam dokumen kurikulum. Jumlah responden berdasarkan kesesuaian bidang dapat dilihat pada Tabel 2 dan Gambar 1.

Tabel 2. Jumlah Responden Berdasarkan Bidang

SesuaiCukup SesuaiKurang Sesuai
100%0%0%

Gambar 1. Kesesuaian Pekerjaan Alumni Prodi ABP FPIK

  • Waktu Tunggu Lulusan untuk Kerja

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan diperoleh untuk alumni PS ABP yang mendapat pekerjaan sebanyak 154 responden dari total responden yang diperoleh sebanyak 225 responden. Lama tunggu lulusan dibagi menjadi tiga yaitu kurang dari 6 bulan, 6 hingga 18 bulan, dan lebih dari 18 bulan. Lama waktu tunggu bekerja, dapat dilihat pada Gambar 2.

Text Box: Lama Waktu Bekerja

Gambar 2. Lama Waktu Tunggu Bekerja

Berdasarkan Gambar 2 terlihat bahwa lama tunggu alumni setelah wisuda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih banyak berada pada kurang dari 6 bulan sebesar 78.57% dengan jumlah alumni sebanyak 121 orang, disusul dengan lama waktu 6 hingga 18 bulan sebesar 18.83% dengan jumlah alumni sebanyak 29 orang, dan hanya 4 orang atau 2.60% yang lama tunggunya lebih dari 18 bulan untuk mendapatkan kerjaan setelah wisuda.

  • Tempat Kerja atau Wirausaha atau Studi Lanjut Lulusan

Alumni PS ABP setelah wisuda melakukan aktivitas mencari kerja baik di instansi/lembaga pemerintah, perusahaan swasta, wirausaha/perusahaan sendiri, wiraswasta, nirlaba/organisasi non-profit/lembaga swadaya masyarakat, BUMN, dan BUMD.  Tempat kerja alumni PS ABP lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 3.

Gambar 3. Tempat Kerja Alumni

Berdasarkan Gambar 3 terlihat bahwa alumni yang lebih banyak bekerja di Perusahaan Swasta sebesar 42.0% dengan total alumni sebanyak 47 alumni, disusul bekerja di Instansi/Lembaga Pemerintah sebesar 26.8% dengan total alumni sebanyak 30 orang. Selanjutnya pekerjaan Wirausaha/Perusahaan sendiri dan wiraswasta sama-sama memperoleh besaran 12.5% dengan total masing-masing 14 orang, disusul dengan bekerja dibidang nirlaba/organisasi non-profit/Lembaga swadaya masyarakat sebesar 3.6% dengan total 4 orang. BUMN sebesar 1.8% sebanyak 2 orang dan paling sedikit bekerja sebagai BUMD sebesar 0.9% sebanyak 1 orang.

  • Pendapatan atau Penghasilan Rata-Rata Per Bulan Pada Tahun Pertama Bekerja

Besaran pendapatan yang diperoleh Alumni PS ABP beragam mulai dari Rp200.000 sampai Rp6.500.000. lebih jelasnya besaran gaji yang diteri oleh Alumni PS ABP dapat dilihat pada Gambar 4.

 

Gambar 4. Besaran Pendapatan yang di terima Alumni PS ABP

Berdasarkan Gambar 4 terlihat bahwa Alumni PS ABP yang lebih banyak memperoleh pendapatan kisaran dari Rp2.500.001 sampai Rp3.000.000 sebesar 24.4% sebanyak 22 orang, diikuti dengan pendapatan Rp1.500.001 sampai Rp2.000.000 sebesar 16.7% sebanyak 15 orang. Kisaran pendapatan Rp1.000.001 sampai Rp1.500.000 sebesar 14.4% sebanyak 13 orang, Rp500.001 sampai Rp1.000.000 sebesar 12.2% sebanyak 11 orang. Pendapatan ≤Rp500.000 dan Rp2.000.001 sampai Rp2.500.000 masing-masing sebesar 6.7% sebanyak 6 orang. Selain itu, sudah ada yang mempunya pendapatan kisaran Rp4.000.001 sampai Rp6.500.000 sebanyak 5 orang.

  • Ruang Lingkup/Tingkat Tempat Kerja

Tempat kerja Alumni PS ABP beragam tempatnya, lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5. Tempat Kerja Alumni PS ABP

Berdasarkan Gambar 5, terlihat bahwa tingkat tempat kerja alumni bervariasi. Tingkatan yang paling banyak bekerja di Perusahaan Swasta sebesar 42.0% sebanyak 47 alumni, disusul dengan bekerja di bagian Instansi/Lembaga Pemerintah sebesar 26.8% sebanyak 30 alumni. Sedangkaan tingkat tempat kerja di Wirausaha/Perusahaan Sendiri dan Wiraswasta sama jumlahnya yaitu 14 alumni dengan besaran 12.5%. Selanjutnya yang bekerja dibidang Nirlaba/Organisasi non-profit/Lembaga swadaya masyarakat sebesar 3.6% dengan total 4 alumni, bekerja di bagian BUMN sebesar 1.8% sebanyak 2 aumni dan tingkat tempat kerja terendah di bagian BUMD sebesar 0.9% sebanyak 1 alumni.

  • Mata Kuliah yang Dibutuhkan Oleh Program Studi ABP Untuk Dapat Meningkatkan Kompetensi Keilmuan dan Keterampilan Lulusan dari di Dunia Kerja

Mata kuliah yang dibutuhkan oleh PS ABP yang menunjang hardskill dan softskill Alumni adalah Manajemen Operasi Usaha Perikanan, Kewirausahaan Perikanan dan Kelautan, Komunikasi Bisnis Perikanan, Etika Bisnis Perikanan, Perencanaan dan Evaluasi Proyek, Ekonomi Perikanan, Ekonomi Sumberdaya Perikanan, Pemasaran Hasil Perikanan, Pengolahan Data Sosial Ekonomi, Akuntansi Perbankan, Komoditi Perikanan, e-Bisnis.

  • Kompetensi yang Diperlukan dalam Pekerjaan Saat ini

Kompetensi yang diperlukan dalam pekerjaan yang dibutuhkan Alumni PS ABP adalah etika, Keahlian Berdasarkan Bidang Ilmu, Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, Penggunaan Teknologi Informasi, Komunikasi, Kerja Tim, dan Pengembangan Diri.

  • Kepuasan Pengguna Lulusan

kepuasan bapak/ibu sebagai pengguna/user dari seorang lulusan dari PS ABP dapat dilihat pada Gambar 6.

Gambar 6. Kepuasan Pengguna kepada Alumni PS ABP

Berdasarkan Gambar 6, tampak terlihat bahwa pengguna alumni sudah memiliki persepsi positif terhadap Alumni PS ABP, dimana penilaian untuk sangat puas sebesar 31.82%, cukup puas sebesar 13.64%, dan memuaskan sebesar 54.54%.

  • Saran Pengguna Lulusan Untuk Peningkatan Kemampuan Alumni

Saran pengguna lulusan untuk peningkatan kemampuan alumni adalah sebagai berikut:

  1. Diberikan Motivasi untuk bekerja sesuai dengan jurusannya masing-masing.
  2. Bagaimana cara Alumni Perikanan mampu membaca peluang dalam hal dibidang usaha berbasis komoditi  Perikanan dan bersaing dilingkungan manapun dia berada.
  3. Pertahankan proses pembelajaran dan perbanyak prakter di luar kampus contoh sering melakukan riset di daerah-daerah terpencil atau di desa yg masih ketinggalan soal dunia perikanan.
  4. Pengusaan/peningkatan berbahasa asing.
  5. Kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah rasanya sangat penting untuk dikembangkan dari setiap lulusan, karena intinya dalam setiap pekerjaan adalah menerima instruksi dan menjalankannya.
  6. Selalu memotivasi mahasiswannya agar ketika Lulus dalam bekerja utamakan sifat jujur, bertanggung jawab dan disiplin.
  7. Agar alumni diberi kesempatan untuk berbagi ilmu.
  8. Tetap berkomitmen terhadap upaya peningkatan dan selalu mencari cara untuk meningkatkan efesiensi, ketepatan, dan kualitas dalam produk alumni.
  9. Pada intinya kami sangat senang dengan alumni yang telah bekerja di sekolah kami karena sudah sesuai dengan jurusan yang kami punya.
  10. Meningkatkan disiplin ilmu untuk setiap mahasiswa.
  11. Perlu adanya Pengembangan Skill Alumni.
  12. Agar lebih memiliki banyak keterampilan khususnya dibidang digital.
  • PENUTUP
  1. Kesimpulan

Secara umum, kinerja Alumni PS ABP relatif baik dan dapat diterima oleh dunia kerja dengan kompetensi yang dimiliki yang sesuai antara yang dibutuhkan oleh dunia kerja dengan yang dimiliki oleh para alumni.

  • Saran

Saran yang disampaikan dari alumni dan pengguna alumni, agar layanan dalam PS ABP khususnya dalam peningkatan kompetensi lulusan dapat lebih baik lagi agar para alumni bisa menjawab tantangan dan kebutuhan dunia kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *